Dukungan Fans Indonesia Buat Elkan Baggott Mantap Jadi WNI

By ommed


nusakini.com - Pemain blasteran Elkan Baggott, mengungkap sejumlah alasan yang membuatnya pilih jadi Warga Negara Indonesia (WNI). Satu di antaranya karena dukungan dari suporter Tanah Air.

Padahal, Baggott bisa saja memilih warga negara Inggris seperti ayahnya atau Thailand yang merupakan tempat kelahirannya. Akan tetapi, ia mantap menjadi WNI mengikuti ibunya.


Baggott resmi memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, pada Selasa (9/11). Ia mendapatkan identitas tersebut usai melakukan perekaman data di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta Selatan.

"Alasan saya memilih Indonesia karena pertama keluarga. Saya bangga merepresentasikan negara keluarga saya [Indonesia]. Kedua ya karena fans yang membuat saya merasa seperti berada di rumah sendiri," kata Baggott.

Saat ini Baggott, sedang mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama timnas Indonesia di Jakarta. Agenda tersebut sudah dilangsukan sejak beberapa hari lalu.

Menjalani TC di timnas Indonesia, merupakan pengalaman baru untuk Baggott. Sebelumnya, ia dipanggil pada agenda latihan timnas Indonesia U-18.

“Saya sangat terksesan dibanding dengan di Inggris. Di sini ada banyak sekali fans yang memberikan cinta. Pengalaman ini sangat gila. Saya sangat mengapresiasi untuk bisa datang ke sini," ucapnya.

Setelah dari Jakarta, timnas Indonesia bakal melanjutkan TC di Turki. Nantinya, pasukan Merah Putih dijadwalkan melakoni dua uji coba melawan Afghanistan (16/11), dan Myanmar (25/11).

Hanya saja, Baggott tidak ambil bagian ketika timnas Indonesia uji coba melawan Myanmar. Ia kembali ke klubnya Ipswich Town, karena laga tersebut di luar kalender FIFA.

TC dan uji coba merupakan rangkaian persiapan timnas Indonesia, jelang bergulirnya Piala AFF 2020. Ajang tersebut dilangsungkan di Singapura, pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.


"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan setim dan fans yang selalu mendukung saya selama ini,” ucap bek berusia 19 tahun tersebut.

Kendati pulang lebih dulu ke Ipswich Town, Baggott, memastikan memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pada ajang tersebut pasukan Shin Tae-yong, menempati Grup B, bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. (gi/om)